Kumpulan Berita Anak Unggulan SDIT AL-Khawarizmi

Ubaid Juara II Kompetisi Sains KALTIM

SAMARINDA, – Masih ingat Ubaid Al Baliya? Jebolan finalis Pildacil 2006 asal Tanah Grogot ini ikut menghadiri pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kaltim di Kantor Dinas Pendidikan Kaltim, Senin (25/5). Tapi, kehadiran Ubaid kali ini tidak dalam kapasitas memberikan ceramah agama namun sebagai peserta OSN bidang Matematika mewakili Kabupaten Paser.

Sebelumnya, bocah kelas lima SDIT Al-Khawarizmi Tanah Grogot ini lolos dalam seleksi OSN tingkat Kabupaten Paser. Pada OSN kali ini, sebanyak 52 orang siswa SD/MI se-Kaltim berpartisipasi dalam ajang bergengsi yang mempertandingkan kemampuan siswa di bidang IPA dan Matematika. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan perwakilan empat orang dalam ajang ini. Hanya Kabupaten Tana Tidung dan Kukar mengirimkan perwakilan dua orang. Tiap peserta diberikan soal teori selama dua jam. Selanjutnya, peserta mesti menghadapi tes eksperimen untuk bidang IPA dan tes eksplorasi untuk bidang matematika selama 1,5 jam. Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat hitung namun diperbolehkan membawa kamus bahasa Inggris. Maklum, beberapa soal OSN ini menggunakan bahasa Inggris.

Para juara tiga besar OSN ini bakal mewakili Kaltim dalam ajang serupa tingkat nasional di Jakarta, Agustus 2009. “Para juara tiga besar akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam,” kata Akhmad, Koordinator Acara OSN. Juara satu meraih uang Rp 3 juta, diikuti juara 2 sebesar Rp 2,5 juta dan juara 3 sebesar Rp 2 juta. Ia berharap siswa Kaltim bisa menyumbangkan medali dalam ajang OSN tingkat nasional. “Dua tahun sebelumnya, siswa Kaltim selalu menggondol medali perak dalam OSN tingkat nasional. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun ini,” ucap Akhmad.

Pada akhir acara, dewan juri memutuskan ketiga juara OSN baik bidang Matematika dan IPA. Ubaid termasuk salah satu wakil Kaltim yang berlaga ke tingkat nasional, setelah meraih juara 2 dalam OSN se-Kaltim kemarin. Aulia Nur Adib dari SD Muhammadiyah 2 Samarinda dan M Alwi Ramadhan dari SD Kemala Bhayangkari Balikpapan keluar sebagai juara pertama OSN bidang Matematika dan IPA.

Keduanya bakal melaju ke tingkat nasional. Tak ketinggalan, Ubaid yang meraih juara kedua bidang Matematika ikut berlaga di Jakarta mendatang. “Ubaid senang bisa menjadi juara dua dalam OSN ini. Minta dukungan dan doanya, semoga Ubaid bisa pula menjadi juara dalam OSN di Jakarta,” ucap Ubaid didampingi sang ayah kemarin. (top) di sunting dari Tribun Kaltim

Juara OSN se- Kaltim:

Bidang Matematika

1. Aulia Nur Adib dari SD Muhammadiyah 2 Samarinda
2. Ubaid Al Baliya dari SDIT Khawarizmi Tanah Grogot
3. Aditya dari SD Kemala Bhayangkari Balikpapan

Bidang IPA

1. M Alwi Ramadhan dari SD Kemala Bhayangkari Balikpapan
2. Nelly Buldan dari SD Utama 1 Tarakan
3. Vera Febriana dari SDN 019 Samarinda Ilir.

PELAKSANAAN olimpiade IPA dan Matematika tingkat SD dan SLTP 22 April lalu memunculkan juara-juara baru dari sekolah yang sebelumnya tidak diperhitungkan. Bahkan sekolah-sekolah yang selama ini dianggap favorit oleh sebagian besar masyarakatjustru tidak memenuhi syarat untuk dikirim ke lomba yang sama di tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan melalui Kasi Kurikulum dan Pembelajaran SMP dan MTs HM Masud Leman SAg MAP mengungkapkan hal tersebut Selasa (12/5) di kantor Bagian Humas dan Protokol Setkab. Dia menyayangkan kenyataan ini, karena selain dianggap favorit, sekolah-sekolah tersebut juga merupakan binaan Dinas Pendidikan.

“Tapi di sisi lain kita berbangga karena sudah ada pemerataan di semua sekolah. Setidaknya ini dapat mengurangi dikotomi sekolah unggulan dan nonunggulan,” kata Mas’ud.

Pemenang olimpiade yang akan dikirim oleh Paser untuk berlaga di Samarinda 24 Mei mendatang untuk bidang studi fisika adalah Evri Ferdiansyah dari SMPN 1 Batu Sopang, Yolanda Claudia (SMPN 1 Tanah Grogot) dan Sri Suteja Jayani (SMPN 1 Kuaro). Untuk bidang studi biologi, diwakili oleh Sari Purwati SMPN 3 Kuaro, Jumadil Akbariansyah (SMPN 1 Batu Sopang), dan Dea Hadfina Kartika Sari (SMPN 1 Tanah Grogot).

Sementara itu untuk bidang studi Matematika, Paser akan diwakili oleh Hesty Aulia Rahmi (SMPN 3 Tanah Grogot), Evi Hidayah (SMPN 4 Long Ikis) dan Riski Arianti (SMPN 5 Long Ikis).

Untuk tingkat SD, ada dua bidang lomba yaitu matematika dan IPA, dan masing-masing hanya diikuti oleh dua utusan daerah. Novia Erfina Dwi Ammi dari SDN 001 Kuaro dan Muetika Rani Puspa Dini dari SDN 001 Kuara Komam terpilih mewakili Paser untuk bidang studi IPA. Bidang studi matematika diwakili Ryan Syaifuddin SDN 001 Tanah Grogot dan Ubaid Al Baliya SDIT Al Khawarizmi Tanah Grogot.(kaltimPost,14052009) di sunting dari Tribun dan Kaltim Post

SEMENTARA itu runner-up Pildacil 2006 Ubaid Al Baliya yang juga siswa SD Islam Terpadu Al Khawarizmi Tanah Grogot berhasil meraih satu tiket untuk ikut olimpiade matematika tingkat nasional di Jakarta 3 Agustus mendatang. Pada lomba olimpiade tingkat  Kalimantan Timur 24 Mei  lalu di Samarinda, putra Agus Efrianto ini berada di posisi kedua.

Meskipun hanya berhasil merebut juara II di bawah Auliya dari SD Muhamadiyah Samarinda, Ubaid tetap senang dan akan berusaha lebih maksimal untuk olimpiade tingkat nasional. Utusan Paser lain yaitu Ryan Syaifuddin dari SDN 001 Tanah Grogot menjadi juara harapan I.

Ditanya tingkat kesulitan soal, murid kelas V  yang selalu didampingi ayahnya ini hanya tersenyum dan mengatakan bahwa semua soal bisa dijawab. ”Pada dasarnya Ubaid tidak menemui kesulitan menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Hanya saja ada faktor-faktor lain yang turut menentukan,” terang Agus Efrianto.

Terpisah, Syahruddin Yahya ketua rombongan yang juga Kasi Kurikulum dan Pembelajaran SD dan MI di Dinas Pendidikan Paser mengatakan bahwa kesulitan yang dialami kontingen Paser adalah persiapan yang kurang matang.

”Harus diakui bahwa kita belum memiliki pelatihan khusus untuk olimpiade. Persiapan selama ini dilakukan oleh masing-masing sekolah, dan itu tidak bisa maksimal karena tidak terfokus,” kata Syahruddin saat dihubungi lewat telepon selularnya, dalam perjalanan pulang ke Tanah Grogot, (26/5).

Mengenai persiapan untuk lomba tingkat nasional, Syahruddin mengatakan  Ubaid akan mengikuti pelatihan khusus dua minggu sebelum berangkat ke Jakarta. (hp4)di sunting dari kaltim post Rabu, 27 Mei 2009

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s